Beras Sehat, News

Ternyata hal ini yang membuat Shirataki menjadi pengganti nasi terbaik !!

Kalian mungkin pernah mendengar atau bahkan sudah tahu tentang beras yang berasal dari Jepang ini, yaitu beras shirataki. Beras shirataki berasal dari serat umbi porang atau konjac yang kita tahu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya manfaat yang terkandung dalam beras Shirataki ialah rendah kalori dan memiliki tinggi protein sehingga menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa orang yang sedang menjalani program diet memilih mengkonsumsi shirataki sebagai pengganti nasi putih biasa karena mampu membuat rasa kenyang lebih lama meskipun mengkonsumsi sedikit saja. Hal tersebut juga baik untuk pencernaan karena dapat memperlambat gerakan pada usus besar.

Namun sebelum kamu mengkonsumsi beras shirataki, kamu perlu simak beberapa hal penting ini untuk menjelaskan kebaikan-kebaikan di dalamnya. Faktor utama dalam kebaikan beras shirataki karena adanya kandungan Glukomanan di dalamnya.

Hal pertama, kandungan glukomanan dapat menyerap air sangat baik dan menjadi serat pengental sehingga makanan yang mengandung serat tersebut dapat bermanfaat untuk pengganti pengawet dan menjadi probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kedua, nantinya serat glukomanan yang terkandung dalam beras shirataki akan menjadi asam lemak yang memiliki proses pendek dalam pencernaan menjadi alasan mengapa shirataki dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama meskipun hanya mengkonsumsinya sedikit.

Terakhir, Glukomanan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus, sehingga akan terjadi peningkatan aktivitas bakteri baik yang menimbulkan pergerakan usus. Dari pergerakan usus itu yang nantinya akan mempermudah ketika buang air sekaligus mencegah terjadinya sembelit.

Untuk menikmati beras shirataki kalian dapat mengolahnya menjadi nasi dengan dua cara. Yaitu dimasak di rice cooker atau dimasak pada dandang secara manual. Langkah memasaknya sama seperti memasak beras putih biasa. Beras shirataki harus dicuci terlebih dahulu sebanyak dua kali hingga bersih sebelum dimasak untuk memastikan tidak ada kotoran menempel.

Beberapa orang ada yang mengatakan, rasanya lebih hambar karena tidak ada sensasi rasa manis seperti pada nasi putih biasa. Hal tersebut dikarenakan shirataki rendah karbohidrat dan tidak ada kalori. Namun, nasi shirataki tetap cocok untuk dinikmati dengan lauk pauk sebagai pengganti nasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *